SantriOne.com | Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama Alinea Pertama
Baca Juga :
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 7,8,9 semester 1 dan 2
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII semester 1
Kompetensi inti |
Kompetensi dasar |
||
1. |
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1. |
Menghayati nilai-nilai Aqidah
Islam |
1.2. |
Meyakini sifat-sifat wajib
Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah., sifat-sifat
mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT |
||
1.3. |
Menghayati sifat ikhlas,
taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari. |
||
1.4. |
Menghayati adab Shalat
dan dzikir |
||
1.5. |
Menghayati kisah keteladanan
Nabi Sulaiman dan umatnya |
||
2. |
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
2.1. |
Menampilkan perilaku orang
yang mengimani aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari |
2.2. |
Menampilkan perilaku
mengimani sifat-sifat Allah |
||
2.3. |
Membiasakan perilaku ikhlas,
taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari. |
||
2.4. |
Terbiasa menerapkan adab
Shalat dan dzikir |
||
2.5. |
Mencontoh kisah keteladanan
Nabi Sulaiman dan umatnya |
||
3. |
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu nya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
3.1. |
Memahami dalil, dasar dan
tujuan akidah Islam |
3.2. |
Mengidentifikasi sifat-sifat
wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah beserta
bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT. |
||
3.3. |
Memahami pengertian,contoh
dan dampak positifsifat ikhlas, taat, khauf dan taubat |
||
3.4. |
Memahami adab Shalat dan
dzikir |
||
3.5. |
Menganalisiskisah keteladanan
Nabi Sulaiman dan umatnya |
||
4. |
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
4.1. |
Menyajikan fakta dan fenomena
kebenaran aqidah Islam |
4.2. |
Menyajikan contoh
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat
wajib,mustahil,dan jaiz Allah SWT |
||
4.3. |
Menceritakan kisah-kisah yang
berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
dalam fenomena kehidupan. |
||
4.4. |
Mensimulasikan adab Shalat
dan dzikir |
||
4.5. |
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya |
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII semester 2
Kompetensi inti |
Kompetensi dasar |
||
1. |
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1. |
Meyakinisifat-sifat Allah SWT
melalui al-asmaa' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’,
ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
1.2. |
Meyakiniadanya
malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan
setan dalam fenomena kehidupan |
||
1.3. |
Menolak akhlak tercela riya’
dan nifaq |
||
1.4. |
Menghayati adab membaca Al
Qur’an dan adab berdoa |
||
1.5. |
Menghayati keteladanan
Ashabul Kahfi |
||
2. |
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
2.1. |
Meneladani sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam al-asmaa' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith,
an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
2.2. |
Memilikiperilaku beriman
kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
dalam fenomena kehidupan |
||
2.3. |
Membiasakan diri menghindari
akhlak tercela riya’ dan nifaq |
||
2.4. |
Terbiasa menerapkan adab
membaca Al Qur’an dan adab berdoa |
||
2.5. |
Menghayati kisah keteladanan
Ashabul Kahfi |
||
3. |
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu nya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
3.1. |
Menguraikan al-asmaa’
al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr,
al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
3.2. |
Mendeskripsikan tugas dan
sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan
setan |
||
3.3. |
Memahami akhlak tercela riya’
dan nifaq |
||
3.4. |
Memahami adab membaca Al
Qur’an dan adab berdoa |
||
3.5. |
Menganalisiskisah keteladanan
Ashabul Kahfi |
||
4. |
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
4.1. |
Menyajikan fakta dan fenomena
kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmaa’ al-husnaa
(al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr,
al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
4.2. |
Menyajikan kisah-kisah dalam
fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain
selain malaikat |
||
4.3. |
Mensimulasikan contoh
perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
||
4.4. |
Menceritakan kisah
keteladanan Ashabul Kahfi |
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII semester 1
Kompetensi inti |
Kompetensi dasar |
||
1. |
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1. |
Meyakini adanya dan kebenaran
kitab-kitab Allah SWT |
1.2. |
Menghayati nilai tawakkal,
ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat |
||
1.3. |
Menolak perilaku ananiah, putus
asa, ghadab, dan tamak. |
||
1.4. |
Menghayati adab yang baik
kepada kepada orang tua dan guru |
||
1.5. |
Menghayati kisah keteladaan
Nabi Yunus dan Nabi Ayub |
||
2. |
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
2.1. |
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT |
2.2. |
Berperilaku tawakkal,
ikhtiyaar, shabar, syukur dan qanaa’ah sesuai perintah syariat |
||
2.3. |
Membiasakan diri menghindari
perilaku ananiah, putus asa, ghadab, dan tamak. |
||
2.4. |
Terbiasa beradab yang baik
kepada kepada orang tua dan guru |
||
2.5. |
Terbiasa meneladani kisah
keteladaan Nabi Yunus dan Nabi Ayub |
||
3. |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu nya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata |
3.1. |
Memahami hakikat beriman kepada
kitab-kitab Allah SWT |
3.2. |
Memahami pengertian, contoh dan
dampak positif sifat tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qanaa’ah |
||
3.3. |
Memahami pengertian, contoh dan
dampak negatif sifat ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur
(dihilangkan) |
||
3.4. |
Memahami Adab kepada kepada
orang tua dan guru |
||
3.5. |
Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Yunus dan Nabi Ayub |
||
4. |
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
4.1. |
Menyajikan data dari berbagai
sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah SWT |
4.2. |
Menunjukkan contoh-contoh
perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyaar, shabar,
syukur dan qanaa’ah) |
||
4.3. |
Mensimulasikan akibat
burukakhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari |
||
4.4. |
Mensimulasikan adab kepada
kepada orang tua dan guru |
||
4.5. |
Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Yunus dan Nabi Ayub |
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII semester 2
Kompetensi inti |
Kompetensi dasar |
||
1. |
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1. |
Beriman kepada Rasul Allah SWT |
1.2. |
Meyakini sifat-sifat Rasul
Allah SWT |
||
1.3. |
Meyakiniadanya mukjizat serta
kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) |
||
1.4. |
Menghayati sifathusnuzh-zhan,
tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun |
||
1.5. |
Menolak sifat hasad, dendam,
ghibah, fitnah, dan namiimah |
||
1.6. |
Menghayati adab kepada saudara
dan teman |
||
1.7. |
Menghayatikisah keteladanan
shahabat Abu Bakar ra |
||
2. |
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
2.1. |
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan beriman kepada Rasul Allah |
2.2. |
Meneladani sifat-sifatnya dalam
kehidupan |
||
2.3. |
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan berimanpadamukjizat dan kejadian luar biasa selain mukjizat |
||
2.4. |
Terbiasa berperilaku
husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari |
||
2.5. |
Terbiasa menghindari perilaku
hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah dalam kehidupan sehari-hari. |
||
2.6. |
Terbiasamenerapakan adab
islamikepada saudara dan teman |
||
2.7. |
Meneladanisifat-sifatutamaShahabat
Abu Bakarra |
||
3. |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu nya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata |
3.1. |
Memahamipengertian, dalil dan
pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT |
3.2. |
Menguraikan sifat-sifat Rasul
Allah SWT |
||
3.3. |
Memahami pengertian, contohdan
hikmah mukjizat serta kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan
irhash) |
||
3.4. |
Memahami pengertian, contoh dan
dampak positifnya sifathusnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun |
||
3.5. |
Memahami pengertian, contoh dan
dampak negatifnya sifat hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah |
||
3.6. |
Memahami adab kepada saudara
dan teman |
||
3.7. |
Manganalisis kisah keteladanan
shahabat Abu Bakar ra |
||
4. |
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
4.1. |
Menyajikan peta konsep
pengertian, dalil dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT |
4.2. |
Menyajikan peta konsep
sifat-sifat Rasul Allah SWT |
||
4.3. |
Menyajikan kisah-kisah dari
berbagai sumber tentang adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya
(karamah, ma’unah, dan irhash) |
||
4.4. |
Mensimulasikan dampak positif
dari akhlak terpuji (husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh,dan ta’aawun) |
||
4.5. |
Mensimulasikan dampak negatif
dari akhlak tercela (hasad, dendam, ghibah, dan namiimah) |
||
4.6. |
mensimulasikan adab kepada
saudara, teman |
||
4.7. |
Menceritakan kisah keteladanan
shahabat Abu Bakar ra |
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX semester 1
Kompetensi inti |
Kompetensi dasar |
||
1. |
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1. |
Meyakiniakan adanya hari akhir. |
1.2. |
Meyakinimacam-macam alam ghaib
yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul baa’s,
yaumulhisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa) |
||
1.3. |
Menghayati nilai berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan. |
||
1.4. |
Menghayati adab islami kepada
kepada tetangga |
||
1.5. |
Menghayati kisah Shahabat
Umar bin Khattab ra |
||
2. |
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
2.1. |
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap hari akhir |
2.2. |
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan terhadap alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
(‘alam barzah, yaumul baa’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa) |
||
2.3. |
Membiasakan perilaku berilmu,
kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari |
||
2.4. |
Terbiasamenerapkan adab islami
kepada tetangga |
||
2.5. |
Meneladani sifat-sifat utama
shahabat Umar bin Khattab ra |
||
3. |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu nya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata |
3.1. |
Memahami pengertian beriman
kepada hari akhir, dalil/ buktinya, serta tanda dan peristiwa yang
berhubungan dengan Hari Akhir tersebut |
3.2. |
Memahami macam-macam alam gaib
yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba’s, yaumul
hisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa) |
||
3.3. |
Memahami pengertian, contoh dan
dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena
kehidupan. |
||
3.4. |
Memahami Adab islami kepada
kepada tetangga |
||
3.5. |
Menganalisis kisah Shahabat
Umar bin Khattab ra |
||
4. |
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
4.1. |
Menyajikan data dari berbagai
sumber tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib lain yang
berhubungan dengan hari akhir |
4.2. |
Menyajikan contoh perilaku
berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif |
||
4.3. |
Menyajikan kisah-kisah dari
fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif,
dan produktif |
||
4.4. |
Mensimulasikan adab islami
kepada tetangga |
||
4.5. |
Menceritakan kisah keteladanan
shahabat Umar bin Khattab ra |
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX semester 2
Kompetensi inti |
Kompetensi dasar |
||
1. |
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1. |
Meyakinimacam-macam takdir yang
berhubungan dengan Qodha dan Qodar. |
1.2. |
Menghayati adab pergaulan
remaja yang islami |
||
1.3. |
Menghayati Adab terhadap
lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan |
||
1.4. |
Menghayati kisah keteladanan
shahabat Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib |
||
2. |
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
2.1. |
Menampilkan perilaku yang
mencerminkan keimanan kepada Qadha dan Qadar Allah |
2.2. |
Menampilkan perilaku akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari. |
||
2.3. |
Terbiasa beradab islami
terhadap lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan
di jalan |
||
2.4. |
Meneladani sifat-sifat utama
shahabat Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib |
||
3. |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahu nya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata |
3.1. |
Menunjukkan bukti/dalil
kebenaran akan adanya Qadha dan Qadar dan ciri-ciri perilaku orang yang
beriman kepadanya |
3.2. |
Memahami pentingnya akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja dan dampak negatif pergaulan remaja yang tidak
sesuai dengan akhlak Islam |
||
3.3. |
Memahami adab terhadap
lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan |
||
3.4. |
Menganalisis kisah keteladanan
shahabat Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib |
||
4. |
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
4.1. |
Menyajikan kisah-kisah dari
berbagai sumber dalam fenomena kehidupan tentang Qadha dan Qadar |
4.2. |
Menyajikan data dari berbagai
sumber tentang dampak negative pergaulan remaja yang salah dalam fenomena
kehidupan |
||
4.3. |
Mensimulasikan contoh perilaku
terpuji dalam pergaulan remaja |
||
4.4. |
Mensimulasikan adab terhadap
lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan |
||
4.5. |
Menceritakan kisah keteladaan
Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib |
0 Komentar